Tuesday, November 6, 2007

I do love Jogja

Jogja adalah kota sudah tidak asing bagi warga Indonesia.Bahkan sudah cukup di kenal oleh warga negara dunia.Jogja kaya dengan budaya,kesenian dan juga dikenal sebagai kota pelajar karena saking banyaknya perguruan tinggi yang ada di sini.

Saya sangat suka sekali dengan Jogja.Jogja ibarat tanah kelahiranku yang kedua.Karena saya lahir bukan di Jogja.Saya di lahirkan di daerah pesisir utara Jawa yaitu kotta batik,Pekalongan.
Jogja adalah sumber inspirasiku.Lihat saja budaya keraton yang sudah beberapa abad masih kuat akan kehidupan keraton(kerajaan) meskipun jaman sudah semakin modern.Mereka memiliki idalisme yang sangat kuat sehingga cobaan-cobaan seperti apapun selalu aberhasil bisa memperthankannya.Patut kita contoh sikap idealisme seperti itu.

Selain itu upacara-upacara tradisional pun sampai sekarang masih dilestarikan.Misalnya upacara grebeg syawal,grebeg mulud,nyadran yang sering di lakukan oleh mbah Marijan.
Mereka memiliki kebudayaan yang uniq yang ada d Indonesia bahakan d dunia.

Masyarakatnya pun memiliki sikap ramah,murah senyum sabar, sehingga tamu yang datang ke Jogja selalu terkesan dengan warga jogja.

Selain budaya yang masih banyak lagi belum saya sebutkan Jogja terkenal akan kesenianya.
Baik musik,lukisan,patung,teater,ketoprak,wayang dan sebagainya.

Mungkin kalau saya sebagai anak muda,saya sangat tertarik akan mural yang indah yang ada di sudut kota ataupun tembok jembatan.Mungkin itu merupakan luapan kreativitas anak muda Jogja.Mungkin itu salah satu kontribusi anak muda Jogja sebagai generasi penerus kota Jogja.Daripada menggunakan waktu itu melakukan hal-ha yang tidak bermanfaat.Seperti foya-foya dan mengkonsumsi narkoba.

Kemudian banyak tokoh-tokoh seni Indonesia dari Jogja misalnya (alm.)Affandi,Emha Ainun Najib,Butet Karta Raharja dsb.

Itulah mengapa saya sangat sangat menyukai Jogja.

No comments: